Supaya Tidak Dimanfaatkan teman, Ini Tips nya


Selamat malam semuanya, maaf baru sempet urus blog ini lagi. Setelah sebelumnya sibuk dengan urusan pribadi di Real life.

Oke langsung ke pembahasan kali ini adalah topik yang sudah biasa terjadi dalam keseharian kita sebagai makhluk yang bersosial.sebagai makhluk sosial kita tentunya mencoba bersosial dengan orang lain, salah satunya adalah berteman. dan topik kita malam ini adalah tips supaya tidak dimanfaatkan teman.

Siapa sih manusia didunia ini yang gak berteman? Pasti semuanya berteman, bahkan setan pun berteman kok, hahahaha.. lalu apa masalahnya berteman dengan judul postingan ini yg memberi tips supaya tidak dimanfaatkan teman?. Jadi gini, banyak orang bilang, “berteman jangan pilih pilih” tapi menurut saya berteman itu harus pilih pilih. Kenapa? Karena kalau orang itu sudah naik ke level “teman” artinya dia sudah tau/mengenal kita lebih dekat, dan kita pasti menaruh orang tersebut ke lingkaran kehidupan  kita,  maka dari itu,apakah kalian mau meletakan orang yang salah dalam lingkungan kalian? Pasti tidak kan.

Karena ada pepatah mengatakan “teman mu sekarang bisa mengantarkanmu dalam kesuksesan,dan kehancuran”, kalau saya membagi orang dalam beberapa “tingkatan”.semua berawal dari kenalan, cara berkenalan yang baik akan mendapatkan respon positif dari orang lain,setelah berkenalan, ngobrol, dan ketika anda tau orang itu tipenya seperti apa, anda boleh meningkatkan status orang itu menjadi “teman” dan setelah dirasa cukup dekat karena mungkin setiap hariselalu bersama menghabisakn waktu bersama karena mungkin faktor kecocokan masing2 individu, kalian boleh menaikan menjadi level “ sahabat’

Namun,walaupun anda sudah menyeleksi kenalan disekitar anda dengan kriteria yang anda mau, terkadang ditengah jalan ada saja teman yang baru menunjukan sifat aslinya, atau tidak berterus terang kepada kita. Salah satunya “memanfaatkan pertemanan”, memanfaatkan dalam hal yang tidak baik tentunya,teman yg sering memanfaatkan itu seperti mempunyai parasit ditubuh kita,

Sebagai contoh dan tips supaya tidak dimanfaatkan teman :

1.Saat lagi makan, pesen sendiri sendiri, janjinya sih dari rumah mau bayar sendiri sendiri, tapi pas nyampai kasir dia nyletuk “eh bayarin aku dulu ya,aku belum ambil duit di ATM” mending kalau nyampai rumah langsung dibayar, ini bilangnya “entar dulu lah, besok lah” dan yang paling parah bilang “alah, kamu ama temen aja peritungan banget” 
Tips:bawa aja uang pas didompet biar pas minta dibayarin kalian bisa alasan. 
2.Karena kita jago komputer(misal), dia suruh kita benerin sebuah laptop dan sekalian Install windows,pas dicek ternyata itu bukan laptop dia, itu laptop temenya yang dia bawa dan parahnya dia bilang ke temenya kalau dia yang ngerjain itu semua, bikin kesel kan pastinya, kita udah capek2 ngerjain tanpa pamrih karena itu pikir laptop temen, disamping itu pula karena temen kita jadi tidak bisa pasang tarif, ntar disangka ama temen peritungan lagi -_-. 
Tips: kalau kamu tau itu bukan barang dia, pastiin kamu dapat upah dari benerin/ngerjain barang tersebut kalau kamu rasa itu menyita waktunmu, kalau bukan barang temen, dan kamu gak diupah, bilang aja sibuk lagi ngerjain kerjaanmu sendiri.karena teman yang baik pasti akan peka, kalau kita ngerjain itu pakai waktu dan tenaga.
3.Dia mau barang tersebut, tapi maunya  belinya patungan, ujung2nya dia yang makai lebih banyak, contoh : beli PS4 dia bilang ke kalian “eh beli PS4 yuk patungan,kan kita biasa ngegame” biasanya dia bakal patungan lebih banyak, 60% lah dari harga beli, supaya dia punya alasan make lebih lama bersama teman2nya, alhasil kita sebagai temen yang ikut patungan gak kebagian maen,nasib nasib. 
Tips : kalau emang itu benda gak perlu2 banget buat kalian sebaiknya kagak usah ikutan patungan, atau kala mau patungan lihat lihat dulu tipe temen kalian. 
4.Saat tugas kelompok dia pasti porsi kerjanya lebih sedikit dibanding kita karena dia menggap kitalah paling jago dalam hal itu, 
Tip: Tegaskan ke dia bahwa itu adalah tugas bersama dan kasih peringatan apabila siapapun yang tidak mengerjakan tugas akan dikurangi nilainya.

Berikut tadi adalah beberapa tips supaya tidak dimanfaatkan teman anda Dan contoh lain masih banyak,tidak bisa saya sebutin semuanya, yang jelas orang yang memanfaatkan kita pasti ada, tinggal kita tegas atau nggak.biasany seorang teman berani meanfaatkan kita adalah karena kita orangnya gak enakan, jadilah mereka meanfaatkan kita, saya tidak mengajari kalian untuk menjadi orang yang strict/kaku atau bersikap yang terlalu bagaimana ke temen kalian. Tapi saya ingin kalian jangan jadi orang yang munafik, itu sifat dasar manusia kok kalau kita pasti gak suka kalau kita dimanfaatin dalam hal yang gak baik, kuncinya berani menolak, maka kalian akan terhindar dari sifat gedek,emosi,mengerutu,ngeluh karena punya temen kayak dia. hahaha

Sekian sampai jumpa di artikel saya selanjutnya :)

0 komentar:

 

BLOG PRIBADI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger