Bagaimana menjadi sosok pemimpin yang baik

Sosok pemimpin yang selalu orang bayangkan adalah sosok yang bertubuh tinggi besar,bermuka masam atau garang,dan berkumis tebal,dengan nada suara yang tinggi dan tegas,padahal sebenarnya tidak melulu seperti itu. sosok pemimpin yang ideal itu bagaimana?karena jelas di dunia ini tidak ada yang sempurna karena tidak ada mencari sosok pemimpin yang sempurna itu bagaimana? jadi kita mencari sosok yang ideal yang mampu memimpin,entah itu di dalam organisasi atau yang lainya.

sosok pemimpin yang ideal itu biasanya tidak lepas dari yang namanya 5 sifat dibawah ini: 
1.Orator
2.Motivator
3.Empati
4.Visioner
5.Tegas

artinya orator tidak perlu koar - koar layaknya orang yang berorasi di depan senayan yang menuntut keadilan,atau saat hari buruh berbicara sampai urat nadi keluar,maksudnyaadalah suaranya mampu didengar dan dilaksanakan oleh para anggotanya tanpa bicara dengan nada keras dan panjang,

lalu motivator sendiri bermakna seorang pemimpin jangan sampai kehilangan semangat,bagaimana bisa menyuruh atau mempengaruhi orang lain,kalau dirinya sendiri tidak bisa menjaga motivasinya,ya memang kondisi seseorang tidak mungkin setiap hari itu moodnya bagus,ada kalanya masalah keluarga pun sampai terbawa ke urusan kantor,dan disaat kondisi seperti ini sikap seorang pemimpin harus mampu menyembunyikan kegalauanya.

jadi pemimpin harus berempati,jangan jadi diktator dan cenderung arogan,pemimpin harus mampu memahami apa yang sebenarnya para anggotanya sedang alami.dan sebisa mungkin memberi solusi yang terbaik,jadi tidak hanya marah - marah kalau para anggotanya kurang maksimal dalam menjalankan tugas.

yang ini tak kalah pentingnya,suatu organisasi jika berjalan tanpa visi mungkin tidak akan bertahan lama,karena tidak akan tahu mau dibawa kemana organisasi ini nantinya.dan jika mempunyai visi,sebuah organisasi membutuhkan sesorang pemimpin yang visioner,yang pikiranya jauh kedepan,mampu memikirkan sesuatu dengan resiko terkecil untuk kemajuan organisasinya.

yang terakhir adalah tegas,disini tegas bukan berarti galak,karena tegas itu dimana komitmen harus dijaga sejak awal,dimana perjanjian pertama kali dibuat,jika A tidak bisa jadi C,jika deadline nya harus hari kamis ya nggak bisa jadi hari sabtu.

kita telah membahas untuk mencari sosok pemimpin yang ideal bukan sempurna ya?.dan saya memaparkan beberapa point yang saya anggap penting untuk dimiliki seorang pemimpin.

"sesungguhnya akan dipertanyakan kepemimpinanmu"

0 komentar:

 

BLOG PRIBADI Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger